PENGERTIAN OBENG DAN FUNGSINYA

Selamat Malam Sahabat, kali ini saya akan coba mengulas sebuah alat bantu atau Tool yaitu Obeng. Baik langsunga saja, Obeng adalah sebuah alat bantu untuk membuka dan menutup perangkat elektronik dan memiliki satuan ukuran set dan bentuk, ada yang pendek dan ada juga yang panjang, serta ada juga yang digerakan dengan sebuah motor listrik. Untuk bagian pemegang sebuah obeng, biasanya obeng terbuat dari plastik namun ada juga yang terbuat dari karet dan kayu.

Obeng dalam bahasa inggris adalah Screwdriver dan pada umumnya ada dua jenis, diantaranya :

  • Obeng Min (-) Screwdriver
Obeng min biasanya bentuknya pipih, dan jika dilihat secara horisontal menghadap kedepan mirip dengan huruf min (-), yang mana fungsinya untuk membuka baut yang berbentuk min (-). namun bisa juga obeng min digunakan untuk mencongkel sesuatu yang sulit dibuka karena bentuknya pipih.
  • Obeng Plus (+) Screwdriver
Untuk obeng plus (+) ini biasanya bentuknya seperti kembang, dan fungsinya untuk melepaskan baut atau mengencangkan baut atau sekrup yang berbentuk seperti kembang. Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini obeng  atau screwdriver  ada yang sudah menggunakan mesin atau digerakan oleh sebuah motor listrik, hal ini tentunya sangat menghemat waktu dan tenaga seorang teknisi, akan tetapi untuk memiliki sebuah set obeng elektrik tersebut kita masih harus merogoh kocek dalam-dalam soobat, tentunya ini pilihan yang sulit bukan.
Demikian ulasan tentang obeng dan fungsinya, nantikan post menarik selanjutnya. Mudah-Mudahan ulasan saya bisa menjadi referensi buat para sahabat. Salam Adhe Okta Nusantara

5 comments for "PENGERTIAN OBENG DAN FUNGSINYA"

Unknown Monday 29 May 2017 at 15:16:00 GMT+7 Delete Comment
makasih info tentang pengertian obeng dan fungsinya...
Unknown Wednesday 25 July 2018 at 18:25:00 GMT+7 Delete Comment
Apa kelebihan dari obeng menurut bentuknya
Unknown Wednesday 25 July 2018 at 18:54:00 GMT+7 Delete Comment
Apa kelebihan dari obeng menurut bentuknya
Unknown Monday 10 September 2018 at 21:37:00 GMT+7 Delete Comment
Gambarnya bisa dipisah pisah gk gan soalnya gkgkgk
Unknown Wednesday 4 September 2019 at 08:39:00 GMT+7 Delete Comment
Ini sangat membantu saya